Kamis, 01 November 2012

Cara Resetter Printer Canon MP 258


Hmm....printer-printer zaman sekarang hampir semuanya  berumur tidak lama, coba dengan hitungan kasar masksimal penggunaan printer 10 jam per hari maka printer biasanya tidak sampai satu tahun sudah error. Beda dengan printer jaman dulu atau keluaran di bawah tahun 2000, pasti printer masih bisa digunakan kecuali print head atau cartridge secara keseluruhannya. 

Mengapa printer-printer sekarang cepat rusak/error? Sepertinya printer sekarang dibuat dengan perhitungan nilai ekonomis dari pabriknya, beda dengan printer jaman dulu yang lebih mengutamakan ketangguhannya. Coba anda bayangkan apabila printer  bisa awet sampai bertahun-tahun, apa perputaran penjualan produsen printer tidak menjadi macet. Logikanya jika printer awet terus, maka si pembeli tidak akan membeli printer baru lagi. Mungkin printer jaman sekarang sudah di setting timer sedemikian canggihnya agar bisa rusak/error dengan sendirinya. Ini baru pendapat saya, karena setiap printer yang saya perhatikan itu tidak bertahan lama.

Tapi coba deh rasakan sendiri. coba saja gunakan printer selama beberapa waktu. Selang beberapa lama printer akan mulai menampilkan pesan-pesan error, misalnya pada printer-printer Canon akan ada pesan error pada head print atau yang umum adalah pesan error ink waste pad yang membuat printer berhenti bekerja secara total. 

Fungsi ink waste pad sangat krusial, dia menyerap kelebihan tinta yang keluar dari head dan dibuang ke waste pad sejenis busa padat di dasar printer. Jika waste pad ini sudah jenuh, maka tinta yang terserap akan luber dan berpotensi merusak motherboard printer.Tapi sepanjang pengamatan saya, waste pad ini tidak diawasi oleh secuil sensor apapun. Pesan error ink waste pad hanya dikendalikan oleh timer pada motherboard printer. Jadi seringkali waste ink pad belum jenuh, timer sudah bekerja dan printer error.

Cara Resetter MP 258 Canon :

Step 1 : Printer dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang

  1. Tekan Tombol STOP/RESET dan tahan, kemudian tekan tombol POWER dan tahan.
  2. Tombol POWER masih ditekan, lepas tombol STOP/RESET, kemudian tekan tombol STOP/RESET 2 x dalam keadaan tombol power masih ditekan.
  3. Lepas kedua tombol secara bersamaan.
  4. Printer akan berproses beberapa saat (membutuhkan waktu yang lumayan lama), kemudian LCD Panel akan menunjukkan angka NOL (0)
  5. Komputer akan mendeteksi DEVICE BARU, Abaikan saja.
  6. Keadaan ini menunjukkan printer MP258 dalam keadaan SERVICE MODE dan siap direset.

Step 2 : Resetter Printer Canon MP 258



  1. Exctract File Resetter MP258.
  2. Siapkan 2 kertas di printer (ini untuk print pada waktu proses reset)
  3. Jalankan program Resetter MP258.
  4. Klik “MAIN”, maka printer akan berproses, kemudian MP258 akan print satu halaman dengan tulisan ” D=000.0 “
  5. Klik ” EEPROM Clear “.
  6. Kemudian klik ” EEPROM “, dan printer akan print hasil Resetter MP258. Salah satu barisnya tulisannya sbb: “TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)”
  7. Matikan Printer dengan menekan tombol POWER.

Download Resetter Canon MP 258

---=== Selamat Mencoba ===---

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar